Minggu, Agustus 09, 2009

Edisi Juni 2008

Masjid Raya Pekanbaru
Segera Direvitalisasi

Jumat, 30 Mei 2008 05:51


PEKANBARU (RP) - Peletakan batu pertama revitalisasi Masjid Raya Pekanbaru dilakukan Sekdaprov Riau Mambang Mit Jumat (30/5). Hal yang sama dilakukan Walikota Pekanbaru Herman Abdullah dan perwakilan kabupaten Kampar dan Siak.



Masjid Raya Pekanbaru yang merupakan saksi sejarah perkembangan kerajaan Siak sekaligus awal mula Kota Pekanbaru memang sudah sepantasnya untuk direvitalisasi. Walikota Pekanbaru Herman Abdullah menyatakan, paling tidak butuh dana Rp100 miliar untuk revitalisasi yang rencananya bakal di budget sharing.

"Walau terletak di Kota Pekanbaru, namun masjid ini merupakan saksi sejarah kerajaan Siak yang berada di beberapa daerah, seperti Kabupaten Kampar, Siak dan Pelalawan. Budget sharing kita harapkan dari kabupaten tersebut dalam 2-3 kali anggaran," jelasnya.

Ditambahkan Herman, revitalisasi Masjid Raya saat ini masih terganjal ganti rugi lahan yang didanai oleh Pemprov Riau. Pemko Pekanbaru sendiri hanya bertindak sebagai fasilitator. Kepada pemilik lahan, Herman menghimbau agar mau bekerjasama dengan pemerintah. Karena pembangunan Masjid Raya bukan untuk kepentingan bisnis, tapi untuk kepentingan masyarakat juga.

"Jika ini jadi tempat wisata religius, maka masyarakat disekitar masjid akan diuntungkan. Pasar BAwah akan berkembang, pendapatan juga akan meningkat," ujar Herman mengakhiri.(humas Pemko)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kubah Senapelan © 2008 Design Template by Muhammad Thohiran